[Review] TIA'M My Signature C Source Serum

by - August 09, 2018

Hai hai hai

Welcome back to my blog 

Hari ini aku mau review produk TIA'M My Signature C Source Serum. Mungkin agak telat ya karena brand ini sendiri udah cukup hits dari tahun 2017 kemarin. Banyak juga Beauty Blogger yang review, but better late than neverTIA'M merupakan brand dari Korea Selatan. Brand ini berganti merek (sebelumnya O.S.T) dengan nama yang mencerminkan kecantikan yang diungkapkan produk mereka. TIA'M berarti "binar di mata ketika Anda bertemu seseorang untuk pertama kalinya" dalam bahasa Persia.

Produk TIA'M yang paling terkenal ialah serum Vitamin C yang mau aku bahas hari ini. Sebelum aku review aku mau cerita sedikit. Aku dulu agak asing dengan dunia per skin care an. Paling cuman denger-denger doang dari temen. Untuk urusan kulit wajah aku bergantung sama obat dokter dari salah satu klinik kecantikan yang terkenal, yakni Erha Clinic. Awalnya aku ke Erha Clinic karena pas kuliah dahiku beruntusan yang ga seperti biasanya. Aku konsul cuman sekali sisanya beli obat aja sampai dua atau tiga tahun. Beruntusan di dahi hilang, hanya jerawat hormonal di dagu yang datang kalau mau menstruasi. Sampai lah aku kerja pertengahan tahun 2017, ada jerawat batu di hidung dan aku rasa obat totol jerawat yang selama ini kupakai ga mempan. Akhirnya aku rajin konsul ke dokter dan obat aku diganti semuanya.

Aku udah sampai tahap menghilangkan bekas jerawat. Jerawat yang ada paling cuman jerawat hormonal yang cepat hilang. Dokter sempat menawarkan peeling dan aku nolak. Temen aku pernah peeling di Erha Clinic Padang dan wajahnya bengkak karena alergi. Aku juga baca-baca review orang katanya efek setelah peeling kulit wajah nya jadi merah, mengelupas, dan sensitif terhadap sinar matahari. So, aku lebih milih eksfoliasi sendiri aja pakai masker yang ada scrub nya. Itulah asal muasal aku beli The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask.


Setelah beberapa bulan pengobatan (awal tahun 2018), aku memutuskan ingin lepas dari obat dokter. Sebelumnya, aku baca-baca review dari produk skin care Korea Selatan. Aku juga follow beberapa online shop yang jual produk skin care Korea Selatan. Aku lebih milih produk skin care dari Korea Selatan karena terkenal akan bahan-bahan alaminya. Aku tuh awalnya ga ngerti soal toner, serum, pelembab, eye cream. Suatu hari aku lagi iseng buka instagram dan ada post dari akun online shop soal produk yang bisa hilangin bekas jerawat sekaligus menyembuhkan jerawat. Ya, produk itu TIA'M My Signature C Source Serum! Makin gencar deh baca review di female daily dan review dari para Beauty Blogger. Mostly yang aku baca ga ada yang bermasalah pakai produk ini. Tapi aku juga menemukan artikel di blog female daily serum Vitamin C bisa membuat jerawat. Bisa ditebak ya aku tetap jadi membeli produk ini hahaha. So, ini pendapat aku..

Claim

Serum vitamin C20 memberikan banyak manfaat untuk kulit indah dan sehat. Vitamin C murni memperbaiki, mencerahkan, menyeimbangkan warna kulit untuk penampilan bercahaya.

Ingredients

Water, Ascorbic Acid, Alcohol, Sodium Lactate, Butylene Glycol, Glucose, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, 1,2-Hexanediol, Phenoxyethanol, Sodium Hyaluronate, Bis-PEG-18 Methyl Ether Dimethyl Silane, Xanthan Gum, Diethoxyethyl Succinate, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Carthamus Tinctorius (Safflower) Flower Extract, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Peel Oil, Glycerin, Zinc PCA, Panthenol, Niacinamide, t-Butyl Alcohol, Camellia Sinensis Leaf Extract, Beta-Glucan, Tocopheryl Acetate, Lecithin, Caprylic/Capric Triglyceride, Ubiquinone, Diisopropyl Adipate

Ingredients nya tertulis jelas dalam bahasa Inggris pada kemasan. Syukurlah karena aku ga ngerti juga cyin kalau dalam tulisan Korea Selatan wkwkwk. Produk ini bebas paraben ya. 

Harga : USD 24.99 (harga di Wishtrend)
bisa dikalkulasiin sendiri lah ya 😩
Size : 30 ml

How to Use

Setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner, oleskan 2-3 tetes serum dengan lembut ke seluruh wajah setiap malam. Produk ini disarakan untuk digunakan pada malam hari. Pakailah sunblock jika serum ini dipakai selama siang hari.

Packaging 





Maaf banget ya fotonya ga niat gitu :( Ini aku foto pas mau jual produk ini jauh sebelum aku bikin blog ini. Nanti aku ceritain deh kenapa akhirnya aku jual produk ini. Balik lagi soal packaging. Pastinya ada kotak nya karena serum ini di dalam botol kaca. Menurutku sih botol ini gampang pecah, jadi agak dag dig dug ya kalau jatuh. Ukuran botolnya pun terbilang mungil. Kemudian, ada tutup nya yang bisa dibuka berlawanan arah jarum jam. Pipet juga disediakan untuk meneteskan serum ke wajah. Biasanya setelah aku pakai pipetnya kucuci dan disimpan dalam kantong plastik. Sebenarnya bisa sih tutup botol kalian ganti dengan pipet ini. Disarankan setelah pemakaian disimpan di tempat yang sejuk. Lebih baik lagi kalau disimpan di kulkas. Hal ini cukup penting karena memperlambat proses oksidasi. Menurut beberapa orang setelah tiga bulan serum ini akan oksidasi dan berubah warna menjadi lebih cokelat. Kalau udah oksidasi sebaiknya ga dipakai ya say.

Texture & Scent

Source : Wishtrend

Serum berwujud cair dengan warna kuning jernih. Teksturnya agak lengket kayak jus jeruk kan lengket tuh. Wanginya tuh persis kayak wangi YOU C1000 (itu lho minuman yang model iklannya selalu Miss Universe wkwkwk).

Results 

Nah ini nih yang ditunggu-tunggu. Setelah dipakai aku ga ngerasa cekat-cekit yang kayak beberapa orang bilang. Rasanya wajah lengket aja, jadi agak lama nunggu serum meresap baru lanjut pelembab. Di hari ke-6 aku berhenti karena muncul beruntus sedikit di pipi kanan aku. Padahal seumur hidup ga pernah pipi aku berjerawat. Aku pikir pasti ga cocok karena menurut artikel yang kubaca purging karena Vitamin C di hari ke-5 pasti hilang. Seminggu kemudian aku pake lagi serumnya selama dua minggu. Bandel ya? Beruntusanku ga ilang-ilang dan di bawah mulut aku iritasi. Akhirnya aku stop dan aku iklanin di Carousell. Ending nya temen aku yang beli. 

Hal ini jadi pelajaran buat aku karena saat itu aku pake serum Vitamin C digabung sama obat dokter (aku belum sepenuhnya berhenti pakai obat dokter). Setelah hal ini terjadi, aku baca review dari salah seorang Beauty Blogger yang menyarankan saat malam hari ga perlu digabung lagi sama pelembab. Sebenarnya sih selama 3 minggu pemakaian aku mulai ngeliat bekas jerawat aku memudar. Sedih banget ternyata aku ga cocok sama produk ini 😿Banyak orang yang mengakui kulit wajah mereka jadi bagus pake serum ini. Mungkin aku ga cocok juga karena kandungan Vitamin C yang cukup tinggi yakni 20%.

Pro :

Bekas jerawat memudar perlahan-lahan

Cons :

- Kemasan tidak travel friendly terbuat dari kaca
- Ga cocok buat kulit sensitif
- Timbul jerawat bagi yang kulitnya tidak cocok dengan Vitamin C konsentrasi tinggi
- Ga ada store di Indonesia jadi harus beli online shop

Repurchase? Hell No!
Recommended? Yes buat yang kulitnya tidak sensitif

Where to Buy?

Kalian bisa beli di e-commerce kayak Shopee, Tokopedia, Lazada, atau Bukalapak. Di olshop IG juga banyak. Waktu itu aku beli di Uneedetude seharga IDR 165.000.

I am also at


You May Also Like

24 comments

  1. Aku sampe sekarang gak biisa lepas dari cream dokter, pengen sih coba bwrenti juga kayak kakak, tapi takut gak nemu yang cocok juga..
    Makasih kak info nyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dear aku juga awalnya ragu, tapi aku juga takut jatohnya ketergantungan. Selepas dari obat dokter harus bener2 jeli milih produk. Ada yang udah dibacain review2 dari orang masih aja ga cocok huft :( Ujung2nya jadi preloved deh..

      Delete
  2. Dr sejak namanya masih O.S.T aku udh pengen banget nih cobain hehe tp belum kebeli jg sampai skrg :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kulit kamu cocok sama vitamin c dicoba aja dear. Worth it sebenernya :)

      Delete
  3. wah dari nama brand nya aja aku baru denger nih kak XD aku agak parno sama segala sesuatu yg ada vit C nya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu nama brand nya O.ST. Produknya O.S.T. C20. Iya sih sist vitamin c ga semua orang cocok huhuhu Tapi menurut artikel yang kubaca bisa aja ga cocok sama produk vitamin c dari satu brand tapi pas brand lain cocok2 aja. Dulu banget aku pake face mist vitamin C nya The Body Shop fine fine aja.

      Delete
  4. Aku yang ketinggalan apa gimana ini ya? Baru denger ini brand TIAM. OST juga kagak pernah denger hahaha. Ampuh kah ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ketinggalan say karena pas aku beli udah banyak juga yang review hehe. Ampuh sih cuman ya disesuain juga sama kondisi kulitnya sensitif atau ga. Apalagi konsentrasi vit C nya cukup tinggi. Jatohnya nanti kayak aku malah muncul beruntusan.

      Delete
  5. waaah bisa memudarkan bekas jerawat ya beb, aku butuh niiiih, lagi bermasalah sama bekas jerawat akutuuuu huhuu

    ReplyDelete
  6. pengen deh padahal tapi kok agak serem ya beb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya agak serem. palingan kalau takut coba cari share in jar dulu aja say jadi ga sayang juga kalo ga cocok.

      Delete
  7. Selama ini aku mudarin bekas jerawat pake bantuan spot treatment sama masker aja. Belum pernah pake vit C kayak gini. Tertarik sih cuma kayaknya belum begitu butuh 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya maskeran ngerasa lama huhu Mana ada jerawat hormonal terus menjelang datang bulan :( Spot treatment apa tuh sist?

      Delete
  8. aku belom pernah pakai serum.. iya klo travelling ya takut pecah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya takut pecah kemasannya dari kaca sih. kalau mau coba pakai serum pertama kali aku saranin cari yang share gitu sih.

      Delete
  9. Banyak yg review c serumnya ya, aku malah tertarik sama yg red serum

    ReplyDelete
  10. Wahh mesti dicoba nih kebetulan aku penggila serum 😅

    ReplyDelete
  11. makasi beb reviewnya, kulit ku juga sensitif jadi gak bisa sembarang pake serum gitu..

    ReplyDelete
  12. Ap q g cocok jg yak ada bruntusn bnyk d pipi, sblmx ad sh tp g sekasar ini mukaq, q pke mlm aj tpi tmbahin guerisson 9complex buat creamx, ap q g ush pke guerisson y pke serum tiam aj?😞kn syg g kpake bru kmren2 beli, guerisson jg jrg d pke msh bnyk😂

    ReplyDelete
  13. Q penggila skincare Korea soalx, lht review bgs jd pngn nyoba😂

    ReplyDelete