[Review] essenHERB Tea Tree

by - October 12, 2020


Welcome back to my blog 

Siapa di sini yang pejuang jerawat seperti aku? Well, problem kulit terbesar mayoritas penduduk Indonesia adalah jerawat. Iklim Indonesia yang tropis cenderung membuat pori-pori wajah masyarakatnya cenderung lebih terbuka dan lebih mudah berminyak dan berjerawat. Umumnya, problem ini terjadi di kalangan muda, ketika usia mulai pubertas dan tubuh mengalami perubahan hormon.

Salah satu bahan yang sangat ampuh untuk mencegah, mengobati dan menenangkan jerawat adalah Tea Tree atau Melaleuca alternifolia. Dulu saat obat-obatan modern ditemukan, Tea Tree digunakan untuk mensterilkan luka dan mencegah bakteri berkembang. Sifat ini lah yang hingga saat ini digunakan untuk mengatasi berbagai problem kesehatan juga kulit. Karena sifatnya yang efektif untuk membunuh kuman dan bakteri, Tea Tree membantu kulit kita agar selalu sehat dan mencegah serta mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Banyak dari kita yang tidak tau kalo ga semua produk yang mengandung Tea Tree itu sama khasiat dan efektifitasnya. Produk Tea Tree yang baik harus memiliki sifat di bawah ini:

1. Memiliki komposisi % Tea Tree yang tepat

Karena sifat antibakterinya yang sangat kuat, ga boleh sembarangan pakai produk ini. Apalagi sarinya murni ke kulit karena bisa membunuh bakteri alami kulit.

2. Disertai dengan bahan aktif pendukung

Tak hanya antibakteri, tapi juga merawat pori dan mengontrol minyak. Mengobati jerawat tuh ga bisa hanya fokus ke jerawatnya karena selama pori-porinya "nganga" dan minyak masuk ke dalamnya, nanti jerawatnya balik lagi.

3. Bonus poin: memiliki sertifikasi dan lulus skin irritation test

Kulit yang mengalami jerawat itu cenderung jadi lebih sensitif karena sering luka. Skin care yang terlalu keras atau mengandung bahan yang bikin iritasi kulit justru bisa memperparah kondisi jerawat. Makanya penting banget untuk memilih produk skin care yang dijamin ga bikin iritasi.

Nah, essenHERB memiliki rangkaian produk Tea Tree yang memiliki sifat-sifat di atas. essenHERB merupakan brand dari Korea Selatan. Di Indonesia sendiri, brand ini belum terlalu hype menurutku. Berbeda dengan di negara asalnya dan Malaysia. Balik lagi soal rangkaian produk Tea Tree milik essenHERB. Rangkaian Tea Tree essenHERB ga hanya alami (98% dari bahan alami), namun dijamin baik dan aman untuk digunakan bahkan pada kulit sensitif (sudah lolos uji skin irritation test). Kandungan Tea Tree di dalam produknya dikombinasikan dengan banyak bahan alami baik lainnya seperti niacinamide, centella, rice starch hingga aloe vera, sehingga betul-betul merawat hingga ke akar permasalahan jerawat. Rangkaian produk Tea Tree ini juga bebas dari 10 kandungan berbahaya (parabenphenoxyehanolmineral oiltriclosantriethanolaminebenzophenonesiliconeartificial flavorartificial colorant).

Aku mendapat Tea Tree Foam Cleanser dan Tea Tree 90 Calming Toner dari SBN. Kondisi kulitku sebelum menggunakan produk ini ialah ada beberapa jerawat hormonal karena sedang menstruasi, kemudian kulit wajahku berwarna kemerahan. Scroll ke bawah ya untuk review masing-masing produk hehe

1. Tea Tree 90 Calming Foam Cleanser

Harga: IDR 169.000
Ukuran: 150 ml
BPOM: NA26191205376

Claim: 
  • Membersihkan hingga sisa makeup
  • Mengangkat residu minyak dan kotoran yang tersumbat
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Meminimalisir pembesaran pori
  • Mengontrol produksi minyak





Kemasannya berbentuk tube berukuran besar didominasi warna putih dan hijau dengan tutup flip flop. Pada kemasannya, kalian bisa menemukan berbagai informasi, seperti kandungan, klaim, hingga cara pakai. Sesuai namanya, produk ini berjenis foam cleanser dan memiliki tekstur creamy yang cukup thick. Foam cleanser ini punya busa yang berlimpah untuk membantu membersihkan wajah secara mendalam. Foam cleanser ini beraroma Tea Tree yang calming. Setelah menggunakan foam cleanser ini kulit wajahku terasa bersih, halus, dan lembab. Kandungan ekstrak baobab tree seed pada foam cleanser ini menjaga kulit tetap lembab setelah dibersihkan. 

Cara Pakai: Tuangkan foam cleanser pada telapak Tangan. Kemudian, pijat dengan lembut secara menyeluruh pada wajah yang telah dibasahi. Terakhir, bilas dengan air hangat hingga bersih.

2. Tea Tree Toner

Harga: IDR 249.000
Ukuran: 200 ml
BPOM: NA26191205377

Claim:
  • Melembabkan
  • Menenangkan kulit yang iritasi
  • Mengontrol Produksi Minyak
  • Mengatasi Jerawat
  • Membantu Mencerahkan & Anti Aging





Toner ini dilengkapi dengan box luar berwarna hijau. Informasi lengkap dalam bahasa Indonesia bisa kalian temukan pada box luarnya. Tonernya sendiri dikemas dalam flip flop bottle berwarna hijau.




Tekstur dari toner ini cair seperti air tanpa warna dengan aroma Tea Tree yang calming. Pada bagian bawah kemasan, kalian bisa melihat ada endapan rice starch. Toner ini mengandung 90% ekstrak Tea Tree organik, juga Niacinamide dan Adenosine, berfungsi ganda untuk mencerahkan sekaligus merevitalisasi kulit dan mencegah kulit keriput. Yang aku rasakan ketika mengaplikasikan toner ini ke kulitku ialah perih pada bagian jerawat yang agak terbuka.

Cara Pakai: Kocok terlebih dahulu untuk memastikan endapan rice starch tercampur dengan sempurna, aplikasikan ke kulit wajah dengan menggunakan kapas setelah mencuci muka.

Results

Aku sudah memakai rangkaian produk ini selama satu mingguan. Yang aku rasakan kulitku lebih cerah, lembab, tidak terlalu berminyak, kemerahan pada kulit berkurang, dan jerawat yang sudah ada cepat sembuh. Ada beberapa jerawat yang muncul juga, tapi penyembuhannya cepet sih. Bisa diliat pada foto berikut. Foto pada tanggal 2 Oktober 2020 diambil sebelum aku menggunakan essenHERB.


Dengan penggunaan yang lebih lama aku yakin hasilnya akan lebih baik lagi.

Where to Buy?

Produk essenHERB ini bisa kalian dapatkan di Sociolla.


I am also at

You May Also Like

6 comments

  1. sering banget liat brand ini, cuma entah aku yang lupa atau apa aku merasa jarang liat review ini, baru sekarang aku tau ternyata worth to try juga!

    ReplyDelete
  2. Salah fokus malah liat alisnya, bagus dan cantik banget sih, natural :D

    Btw saya jarang sih liat brand ini, tapi memang saya suka make skinker yang mengandung tea tree, bikin jerawat tuh jadi sungkan nongol di wajah saya hihihi :D

    Saya rasa, Abi bakalan cocok nih pakai ini, yang penting ditelatenin aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk bisa aja mbak rey

      iya ya tea tree sebagus itu untuk jerawat

      Delete
  3. Tonernya murah dan isinya banyak, jadi pas banget dibuat CSM an:)

    ReplyDelete