[Review] Love Beauty and Planet Tea Tree Oil & Vetiver Shampoo Conditioner

by - March 05, 2021

Welcome back to my blog 

Sudah masuk bulan Maret ya. Si COVID-19 udah ulang tahun yang pertama di Indonesia :) By the way, aku mau review shampoo dan conditioner yang udah aku pakai selama lima bulan, yaitu Love Beauty and Planet Tea Tree Oil & Vetiver. Jadi, mulai pertengahan tahun 2020, aku mulai concern dengan perawatan rambut karena kulit kepalaku berminyak, mudah berketombe, dan rambutku rontok. Sebelumnya, aku sempat mencoba Natur Ginseng Series, namun sayangnya kami tidak cocok. Akhirnya, aku mulai riset beberapa produk dan pilihanku jatuh pada Love Beauty and Planet Tea Tree Oil & Vetiver

Aku tuh tau brand ini udah di akhir 2018, ketika sedang menemani temanku ke Watsons membeli lotion Love Beauty and Planet. Cuman, saat itu, aku belum ada niat untuk membeli produk dari brand ini karena kupikir eksklusif (padahal ga juga sih) dan mahal untuk isi dompetku wkwk Yang membuat aku akhirnya melirik produk dari brand ini karena kemasannya berasal dari 100% botol daur ulang, terus produk-produknya vegan certified, bebas dari pewarna, silikon, dan paraben. Selain itu, Love Beauty and Planet mendukung cruelty-free, jadi produk-produknya tidak diujikan kepada hewan. Mulai penasaran? Yuk baca lebih lanjut.


BACA JUGA: [Review] Natur Ginseng Series]

Claim

Purification for tired and greasy scalp & acts of love for our planet.

Pemurnian untuk kulit kepala yang lelah dan berminyak & tindakan cinta untuk planet kita.

Ingredients

Shampoo

Water, Sodium Laureth Sulfate, Cocamidopropyl Betaine, Sodium Chloride, Perfume, Sodium Benzoate, Glycol Distearate, Citric Acid, Cocamide MEA, PPG-9, Disodium EDTA, Polyquaternium-10, Glycerin, Cocos Nucifera (Coconut) Oil, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Vetiveria Zizanoides Root Oil, Sodium Hydroxide, Isopropyl Alcohol, Sodium Acetate.

Conditioner

Aqua, Cetearyl Alcohol, Behentrimonium Chloride, Cocos Nucifera Oil, Parfum, Dipropylene Glycol, Acrylates/Beheneth-25 Methacrylate Copolymer, Disodium EDTA, Magnesium Nitrate, Glycerin, Sodium Hydroxide, Butylene Glycol, Rosmarinus Officinalis Leaf Extract, Sodium Lauryl Sulfate, Methylchloroisothiazolinone, Magnesium Chloride, Sodium Benzoate, Methylisothiazolinone, Limonene, Linalool.

Ingredients ini aku dapatkan langsung dari website Love Beauty and Planet. Nah, baik Shampoo dan Conditioner mengandung Sodium Laureth Sulfate (SLES). SLES beda ya sama SLS. SLS merupakan singkatan dari Sodium Lauryl Sulfate. SLES sendiri katanya lebih ringan dari SLS dengan fungsi yang sama, mengangkat kotoran dan minyakLove Beauty and Planet dalam website-nya nge-claim kalau produk mereka ini fast rinse atau cepat untuk dibilas. Artinya, SLES yang dipergunakan ga mungkin banyak dong untuk mempercepat proses pembilasan. Ya, meskipun kalau di ingredients shampoo-nya, si SLES berada di urutan kedua.

Yang menarik, Shampoo ini mengandung Tea Tree Oil, Vetiver Oil, dan Coconut Oil. Kalau Tea Tree Oil kan sering ya ada di skin care. Ternyata, Tea Tree Oil punya beberapa manfaat untuk rambut, seperti menumbuhkan rambut, mencegah rambut rontok, dan menghilangkan ketombe. Sedangkan, Coconut Oil udah terkenal banget banyak khasiat untuk rambut, seperti melembapkan rambut, memperbaiki rambut rusak, membuat rambut lebih panjang, mencegah kerontokan, dan menangani ketombe. Kemudian, penggunaan Vetiver Oil atau dikenal dengan minyak akar wangi akan menghasilkan kulit kepala dan akar rambut yang ternutrisi.

Harga/ Price : Shampoo IDR 73.500
Conditioner IDR 73.500
Ukuran/ Size : 400 ml
BPOM : Shampoo NA49181003055
Conditioner NA49181007722

Packaging


Kemasan Shampoo dan Conditioner Love Beauty and Planet Tea Tree Oil & Vetiver sama-sama berbentuk botol bulat yang terbuat dari plastik. Paling yang membedakan keduanya ialah warna stiker label di bagian depan kemasan, namun warnanya masih senada ialah warna hijau dan putih. Kemasan berukuran 400 ml ini bagiku agak bulky dan kurang nyaman ketika digenggam karena kemasannya melebar. Sebenarnya, Shampoo dan Conditioner ini juga memiliki kemasan yang berukuran 200 ml. Kalau dilihat-lihat sih lebih slim gitu. Cuman, aku membeli produk ini pas lagi diskon satu paket.

Informasi di belakang kemasan sangat lengkap, berupa kandungan, klaim produk, cara pemakaian, barcode dan nomor BPOM. Aku notice seiring berjalannya waktu, stiker label kemasan mengkerut karena air.


Model tutup kemasan Shampoo dan Conditioner Love Beauty and Planet Tea Tree Oil & Vetiver ialah flip flop. Cukup mudah sih bagiku untuk mengatur jumlah produk yang dikeluarkan.

Texture and Scent


Tekstur dari Love Beauty and Planet Tea Tree Oil & Vetiver Shampoo seperti tekstur Shampo pada umumnya sih. Shampoo ini berwarna putih keruh. Sedangkan, Love Beauty and Planet Tea Tree Oil & Vetiver Conditioner berwarna putih dengan tekstur yang thick, namun mudah dibaurkan ke seluruh rambut. Baik Shampoo, maupun Conditioner memiliki aroma Tea Tree yang menenangkan. Busa yang dihasilkan dari Shampoo-nya sih tidak sedikit, namun tidak terlalu banyak juga.

How To Use

Shampoo

Tuangkan ke tangan, dan busakan ke rambut. Pijat kulit kepala dengan lembut, lalu bilas hingga bersih.

Conditioner

Setelah keramas, usapkan pada rambut yang basah. Bilas.

Results

Aku sudah menggunakan kedua produk ini selama lima bulan, sampai sekarang. Tiga bulan pertama, rambutku bebas lepek. Kemudian, ketombe di kepalaku jauh berkurang. Aku tidak merasakan lagi kulit kepala yang gatal. Memasuki bulan keempat, rambutku balik lepek, tapi hanya ketika PMS aja. Beberapa orang mengatakan rambut mereka menjadi sangat kering setelah menggunakan Shampoo ini. Rambutku sih tidak mengalami hal tersebut, namun aku tetap menggunakan Conditioner karena rambutku memang dicat. Aku tidak menggunakan Conditioner di saat rambutku lepek. Kerontokan rambut yang kualami sebelumnya lumayan berkurang. Memang didukung faktor karena aku potong rambut. Rambutku pun banyak yang tumbuh selama pemakaian kedua produk ini. Aku notice setelah dua bulan aku potong rambut, rambutku cepat panjang.

Where to Buy?

Kalian bisa membeli kedua produk ini di drug store atau official online store Love Beauty and Planet di Shopee.

I am also at



You May Also Like

8 comments

  1. Bagus buat mengurangi ketombe dan rambut rontok juga ya, kutertarik ini sama packagingnya juga

    ReplyDelete
  2. Jujuur penasaran banget sih sama love beauty planet inii

    ReplyDelete
  3. Aku termasuk suka sama produknya LBP tapi memang aku belum coba nih utk varian yg ini. Thankyou kak reviewnya

    ReplyDelete
  4. jujur aku udah lama kepo sama brand ini. soalnya lagi berusaha menerapkan sustainable beauty :)

    ReplyDelete
  5. Love beauty and planet bagus ya? Lagi booming juga nih, kalau aku sih udah cobain yg hand lotion 😊

    ReplyDelete
  6. Aku juga pecinta produk lbp kak, sekarang lagi nuobain varian yg muru murunbutter. Green tea enak gak sih wanginya...

    ReplyDelete
  7. Aku pakai hand body nya dan sukaaa ,, ternyata hair carenya bagus juga yaa

    ReplyDelete
  8. pengen banget nyobain sampo yang bebas lepek terus multi fungsi ke ketombe juga >.<

    ReplyDelete