[Review] Natur Ginseng Series

by - December 05, 2020

Welcome back to my blog 

Akhirnya, kita sudah memasuki penghujung tahun ya. Sebelumnya, aku sudah bercerita mengenai kerontokan rambut yang kualami di awal pandemi. Untuk mempertahankan rambut panjangku, aku menggunakan Rudy Hadisuwarno Cosmetics Hair Growth Serum dan Rudy Hadisuwarno Cosmetics Hair Loss Defense Hair Tonic Ginseng, namun rambut yang rontok tetap banyak. Aku mulai berfikir aku harus mengganti Shampoo yang telah aku pakai selama bertahun-tahun. So, aku memutuskan membeli Natur Ginseng Series setelah membaca review-review karena harganya masih terjangkau.


Natur Ginseng Series ini terdiri dari Shampoo, Conditioner, Hair Mask dan Hair Tonic. Sebenarnya, Natur termasuk brand legend ya. Pas aku masih SD, brand ini aja udah ada dan terkenal akan bahan-bahan alaminya. Aku ingat Shampoo Natur baunya kayak jamu gitu sih. Makanya aku ga ragu juga untuk mencoba rangkaian dari Natur Ginseng Series.

1. Natur Natural Extract Shampoo Ginseng Extract

Harga: IDR 28.000
Size: 140 ml
BPOM: NA18181001881

Claim:
Membantu merawat kekuatan akar rambut sehingga menjadikan rambut bersih, tetap sehat & kuat.



Shampoo ini dikemas dalam botol plastik besar yang pipih, lalu dikemas lagi dengan dus kertas. Warna kemasan Natur Ginseng Series seragam semua, didominasi warna hitam dan emas. Tutup kemasan Shampoo nya didesain flip top.


Aku coba googling ingredients nya dan kebanyakan bahan alami sih. Cuman, kaget aja si Shampoo ini mengandung sodium lauryl sulfate (SLS), meski di urutan ketiga. Ada beberapa studi yang mengatakan bahwa SLS ini adalah salah satu pemicu kerontokan rambut karena dapat merusak akar rambut. Terus, SLS juga kurang bagus untuk kulit kepala sensitif. Padahal, hampir semua Shampoo yang beredar mengandung SLS. Tapi, ada juga yang bilang kalau SLS ga seberbahaya itu karena habis nyentuh kulit kepala langsung dibilas. Shampoo ini sillicone-free. Biasanya, kandungan sillicone untuk membuat rambut lebih lembut, namun efek jangka panjangnya sillicone ini numpuk di kepala, terus menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan berbagai masalah rambut.


Tekstur dari Shampoo ini kental gitu sih dengan warna kecokelatan yang agak transparan. Shampoo ini ga ada bau jamu sekali ya, malah aroma ginseng seger gitu. Busa yang dihasilkan Shampoo ini dikit banget, artinya SLS yang ada tuh ga banyak. Habis dibilas, rambut tuh kayak kering sih, makanya perlu dibarengin sama penggunaan Conditioner nya.

2. Natur Conditioner Ginseng & Olive Oil

Harga: IDR 33.600
Size: 165 ml
BPOM: NA18181001895

Claim:
Membantu merawat kekuatan helai rambut. Rambut terasa halus, lembut, lembab serta mudah diatur.



Kemasan Conditioner ini berbentuk tube yang kokoh. Bentuk tube nya tetap firm setelah dipencet atau ketika isinya sudah mau habis. Ada beberapa produk yang dikemas dalam tube, tapi malah gepeng gitu kehabisan udara ketika isinya udah mau habis.



Tekstur dari Conditioner ini agak thick berwarna putih susu. Agak lain sih sama tekstur Conditioner pada umumnya. Penggunaannya bisa irit, soalnya persebarannya luas. Conditioner ini aromanya segar, tidak menyengat. Habis pakai Conditioner ini, rambutku terasa lebih lembut, namun tetap aja rambutku kusut akibat diwarnai.

3. Natur Hair Mask Hair Fall Treatment with Ginseng Extract & Olive Oil

Harga: IDR 10.000
Size: 15 g
BPOM: NA18181000460

Claim:
Membantu merawat kekuatan akar rambut, menutrisi dan menjaga kelembaban rambut


Kemasan Hair Mask nya berupa sachet dari plastik. Menurutku, kemasan sachet malah bikin ribet sih. Harus ekstra hati-hati dalam penyimpanannya, setelah kemasannya digunting karena takut tumpah.



Hair Mask ini teksturnya ga se thick Conditioner nya sih, kayak lebih encer aja. Aromanya sih hampir mirip sama Conditioner nya. Hair Mask ini nothing special sih, hasilnya sama aja kayak pakai Conditioner nya. Aku perhatiin kalau habis pakai Hair Mask ini rambutku lebih lepek sih. Oh ya, satu sachet ini isinya lumayan banyak. Kalau rambut kalian panjang bisa dipakai buat tiga kali pemakaian.

4. Natur Natural Extract Hair Tonic Ginseng Extract

Harga: IDR 48.000
Size: 90 ml
BPOM: NA18171003282

Claim:
Menutrisi, membantu mengurangi rambut rontok dengan merawat kekuatan akar rambut.



Hair Tonic ini dikemas dalam botol plastik berukuran sedang, lalu dikemas lagi dengan dus kertas. Aplikator dari Hair Tonic ini berupa spray. Ada tutupnya kok, jadi tetap hiegenis. Aku kurang suka sama pump nya karena suka copot gitu.


Hair Tonic ini aromanya agak tajam seperti alkohol, namun ada aroma herbal yang segar juga. Teksturnya cair kayak Hair Tonic pada umumnya. Ketika diaplikasikan di kepala rasanya lebih segar aja.

Results

Aku pakai Natur Ginseng Series ini hampir selama empat bulan, kecuali Hair Tonic dan Hair Mask nya sudah habis setelah dua bulan. Tidak ada perubahan yang signifikan, rambut yang rontok tetap banyak. Kulit kepalaku tetap berminyak dan rambut lepek. Satu bulan terakhir, kulit kepalaku gatel banget sampai ketombean parah. Malah jadi banyak yang rontok. Aku ga tau aku ga cocok dengan kandungan yang mana, padahal bahan-bahannya alami dan kalau pun ada SLS dalam Shampoo nya sangat sedikit. Selama ini, Shampoo yang aku gunakan juga mengandung SLS dan lebih banyak malah. Akhirnya, aku menyerah sih dan potong rambut jadi pendek. Aku ga bisa bilang produk ini jelek karena banyak juga yang hasilnya bagus. Shampoo dan Conditioner nya sudah teruji klinis, apalagi Hair Tonic nya sempat jadi Top Brand.

Where to Buy?

Natur Ginseng Series ini aku beli di official online store Natur di Shopee.

I am also at

You May Also Like

6 comments

  1. aku pernah pake ini! aku lebih suka sama hair tonic nya tapi

    ReplyDelete
  2. Lengkap banget haircare dari Natur inii

    ReplyDelete
  3. aku suka sama shampoo nya padahal, tapi ga tau kenapa jalan botol kedua malah bikin gatel=gatel hiks:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aneh banget ya :( aku jg pas udah mau habis baru gatel2 gitu ga tau knp

      Delete