[Review] BHUMI HPR Retinol Serum

by - May 12, 2021

[Review] BHUMI HPR Retinol Serum

Welcome back to my blog 

Retinol merupakan salah satu ingredients di skin care yang menjadi favoritku. Menurutku, kalau orang udah nemu produk skin care dengan kandungan retinol yang pas sama kulit wajah mereka, pasti langsung jatuh cinta deh. Aku memang belum terlalu explore produk skin care dengan kandungan retinol sih. Produk yang mau aku review ini pun produk skin care kedua aku dengan kandungan retinol. Aku pernah review di blog ini produk skin care pertama aku yang mengandung retinol dan hasilnya bikin takjub!

BACA JUGA: [Review] ElshéSkin Active Rejuvenating Night Serum

Kenapa aku pilih BHUMI HPR Retinol Serum untuk menggantikan serum retinolku yang sebelumnya? Pertama, aku lagi explore produk lokal dan belum pernah coba produk dari BHUMI. Kedua, aku ga mau mainstream wkwk Aku beli produk ini pas bulan Januari 2021 dan produk dari BHUMI ini pun baru launching di bulan Desember 2020. Sebelumnya, banyak banget brand lokal yang mengeluarkan produk retinol dan banyak pula yang me-review. Jadi, aku mau keliatan beda gitu wkwk

Claim

  • Mencegah penuaan dini.
  • Menghilangkan garis halus dan flek hitam.
  • Mencerahkan kulit wajah akibat hiperpigmentasi pada kulit tanpa membuat iritasi kulit.

Ingredients

[Review] BHUMI HPR Retinol Serum

Key ingredients:
  • 2% Retinol Complex dengan 1% HPR dan 1% Retinol sebagai 2 jenis retinol (medium strength) dengan efek penggunaan yang minim iritasi dan tidak menyebabkan kering yang berlebihan.
  • 1% Ferulic Acid  : Anti oksidan yang berfungsi untuk detox pada wajah, membuat wajah lebih lembut dan menenangkan kulit.
  • 2% Honey : Melembutkan kulit dan menenangkan kulit seperti gangguan inflamasi dan peradangan pada kulit.
  • Prickly Pear Stem Extract : Bekerja sebagai anti oksidan untuk menghindari kulit dari radikal bebas dan polusi, serta memperkuat skin barrier.
  • Wild Pansy Extract : Menenangkan kulit dari peradangan akibat jerawat atau iritasi pada kulit.
Yang menarik dari BHUMI HPR Retinol Serum ini adalah kandungan HPR-nya a.k.a Hydroxypinacolone Retinoate yang menjadi bagian dari nama produk. HPR sendiri juga dikenal dengan Granactive Retinoid. Berdasarkan incidecoderHPR adalah anggota terbaru dari "keluarga kerajaan skin care", keluarga retinoid. Ratu keluarga adalah anti-aging superstar yang disetujui FDA (BPOM AS), asam retinoat, alias tretinoin, dan HPR tampaknya merupakan saudara perempuan putri yang lembut namun berpengaruh bagi sang ratu. Melansir BeautyJournal, HPR dipercaya bisa bekerja lebih efektif dan lebih tidak mengiritasi kulit. Yang bikin lebih menarik lagi dari serum ini ialah kandungan dari ekstrak berbagai bunga.

Harga/ Price : IDR 285.000
Ukuran/ Size : 30 ml
BPOM : NA18202000194

Packaging

[Review] BHUMI HPR Retinol Serum

Box BHUMI HPR Retinol Serum cukup elegan dengan perpaduan warna merah maroon dan putih. Di bagian atas box, terdapat segel dengan nama brand untuk menunjukkan keaslian produk. Informasi mengenai produk sangat lengkap di setiap sisi box, mulai dari claim, ingredients, cara penggunaan, peringatan, nomor BPOM, dan tanggal kadaluwarsa.

[Review] BHUMI HPR Retinol Serum

[Review] BHUMI HPR Retinol Serum

BHUMI HPR Retinol Serum memiliki kemasan berbentuk tabung plastik berwarna maroon. Secara sepintas, kemasan serum ini terlihat elegan di internet. Kalau secara langsung, kemasan ini jadi terlihat biasa aja karena keliatan banget dari plastik. Aplikator serum ini berbentuk pump, namun bentuknya agak lain dari produk serum pada umumnya. Informasi mengenai ingredients, tempat produksi, tempat distribusi, nomor BPOM, tanggal kadaluwarsa, dan PAO juga dicantumkan di belakang kemasan serum.

Texture and Scent

[Review] BHUMI HPR Retinol Serum

Tekstur dari BHUMI HPR Retinol Serum agak lain dari serum kebanyakan, yakni gel emulsion, seperti lotion berwarna kuning. Serum ini cepat menyerap, namun meninggalkan rasa lengket sedikit. Penggunaan serum ini pun tricky karena terkadang kalau produk-produk skin care tertentu yang aku pakai sebelum serum ini belum benar-benar menyerap, serum ini bakalan pilling :( Aroma dari serum ini sepintas seperti madu bercampur dengan aroma bunga, tapi segar seperti mint. Perlu dicatat, serum ini fragrance free, jadi aroma yang ada murni dari campuran aroma ingredients yang ada.


How To Use


Tekan 1-2 pump pada telapak tangan dan aplikasikan pada kulit wajah dan leher sampai meresap. 

Results

Aku menggunakan BHUMI HPR Retinol Serum sudah dari akhir Januari 2021 sampai sekarang. Akan tetapi, pemakaian rutin hanya di satu bulan pertama. Setelah itu, aku on off menggunakan serum ini karena terkadang aku mereview produk serum lain. So, aku mereview serum ini based on pengalaman aku selama satu bulan pertama.

[Review] BHUMI HPR Retinol Serum

[Review] BHUMI HPR Retinol Serum

Pas aku beralih ke serum ini, aku menggunakannya langsung setiap hari karena aku udah terbiasa dengan penggunaan retinol. Selama penggunaan serum ini, aku barengi juga dengan produk-produk skin care yang menghidrasi karena kulitku rentan dehidrasi. Awal-awal pemakaian ada rasa cekat-cekit sedikit dan ada efek cooling-nya. 

Kondisi kulitku sebelum memakai serum ini cuman sisa bekas jerawat kemerahan di pipi, sedikit bekas jerawat gelap dan jerawat hormonal di dagu. Di akhir bulan pertama, aku mengalami purging, yakni muncul dua jerawat besar yang sakit di pipi dan dagu. Padahal, aku udah terbiasa pakai retinol. I didn't notice something wow dari serum ini, mungkin karena memang udah terbiasa pakai produk retinol sebelumnya ya dan satu bulan bukan waktu yang cukup untuk melihat kinerja dari retinol. Kalau lihat foto before-after sepintas sih, bekas jerawat gelap samar sedikit. Serum ini di kulitku ya tetap bagus karena serum ini tidak memperburuk kondisi kulit wajahku dan kulit wajahku tetap plump dan sedikit glowing.

Where to Buy?

Produk BHUMI HPR Retinol Serum dapat kalian temukan di official online store BHUMI di Shopee.

I am also at

You May Also Like

1 comments

  1. katanya produk produk bhumi bagus bagus semua :D jadi penasaran :D

    ReplyDelete