[Review] BASE, Skincare Aman untuk Remaja

by - September 09, 2021

Welcome back to my blog 

Selama masa remaja, permasalahan kulitku tidak lah sekompleks dengan permasalahan kulitku sekarang. Makanya, pada jaman itu, aku tidak terlalu ambil pusing dengan penggunaan skincare. Sehari-hari, aku hanya menggunakan cleanser dan moisturizer yang aku tau dari iklan di televisi, tanpa mempelajari ingredients. Aku ga pernah pakai toner karena kata mamaku toner bikin kulit kering. Aku juga tidak pernah pakai sunscreen. Padahal, basic skincare itu terdiri dari cleanser, toner, moisturizer, dan protectionBeda banget deh aku yang dulu dibanding dengan sekarang hahaha

Kalau dipikir-pikir ya, skincare yang aku pakai pada masa remaja tidak sesuai kebutuhan kulitku karena skincare yang aku pakai tidak mampu mengontrol kadar minyak di wajahku. Sampai memasuki masa kerja pun aku masih trial and error dengan produk skincare dan mengalami breakout. Tentunya, banyak orang yang mengalami hal yang sama. BASE, salah satu brand skincare lokal mengerti permasalahan tersebut. 

Tentang BASE

Dengan pemikiran techforward, BASE lahir untuk membantu konsumen dalam menemukan produk yang cocok untuk kulitnya melalui kuesioner cerdas dan algoritma, menyesuaikan formula yang dipersonalisasi. Jadi, setiap orang akan mendapatkan produk skincare dengan kandungan yang berbeda-beda.

Bagaimana BASE Bekerja


Sebelumnya, kita harus melakukan skin test dengan menjawab kuesioner yang ada di website BASE. Skin test ini gratis dan bisa diakses oleh semua orang (termasuk yang belum mau membeli produk). Tinggal sign up menggunakan email aktif dan klik "Get Your Formula". Lalu, akan muncul pertanyaan-pertanyaan mengenai kondisi kulit saat ini, kondisi kulit yang diinginkan, pola hidup (lifestyle) kalian seperti intensitas penggunaan skincare dengan kandungan retinol, AHA, BHA, atau PHA, makanan, alergi, jam tidur, lama beraktifitas di bawah sinar matahari dan commuting.

Algoritma di balik teknologi BASE akan memformulasikan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh kulit konsumen. Oleh karena itu, konsumen harus jujur dalam menjawab kuesioner. Di akhir kuesioner, konsumen akan mendapat hasil analisa dan rekomendasi produk dari BASE.

Products

Produk rangkaian BASE lebih fokus terhadap 3 tahap penting yang wajib yaitu, cleanse, tonedan moisturize. Jadi, rangkaian produk BASE sangat cocok buat anak remaja yang ingin praktis. Orang dewasa yang sedang ingin menerapkan skinmalism juga sangat direkomendasikan menggunakan rangkaian BASE. FYI, skinminalism adalah sebuah trend skincare yang hanya memakai skincare products yang penting dan bersifat wajib saja. Oh ya, BASE juga mengeluarkan produk sunscreen yang cocok untuk semua jenis kulit, lho!

Produk rangkaian BASE 100% VEGAN, tersertifikat BPOM dan ECOCERT, serta sudah teruji klinis. Semua bahan aktif dari tanaman ini juga diambil dari sumber terbaik di seluruh dunia dan tidak mengandung bahan berbahaya. Ga perlu ragu, skincare dari BASE aman untuk remaja ya. Dari kondisi kulitku yang berminyak, dehidrasi, mudah berjerawat saat PMS, dan warna kulit tidak merata, BASE menyarankan bahan-bahan sebagai berikut.



BASE menawarkan beberapa pilihan dalam membeli produk-produk yang ada. Konsumen bisa membeli satuan atau paketan. Aku memilih Personalize Staple Kit yang terdiri dari 3 tahap penting.


Selain ketiga produk di atas, paketnya juga mencakup beberapa item, seperti:
  • Free Colourful Pouch
  • Free Sticker
  • Ingredients + Thank You Card


Nine to Ten Purifying Cleanser


Harga/ Price : IDR 98.000

Ukuran/ Size : 100 ml

BPOM : NA18191234975


Cleanser BASE berfungsi membantu membersihkan kotoran, debu dan makeup dengan lembut.


Ingredients


Formula cleanser ini tidak menggunakan SLS untuk menghindari kulit terasa kering atau tidak menimbulkan efek ketarik setelah penggunaan. Kemudian, tidak ada kandungan fragrance dalam cleanser ini untuk menghindari efek perih pada kulit, jadi cocok untuk sensitive skin.


Packaging




Bahan packaging produk-produk BASE seperti ceramic atau beling, jadi cukup berat. Tenang aja, produknya dijamin aman karena dilengkapi dengan outer box yang cukup tebal. Menariknya, tulisan pada outer box dicetak dengan tinta soya. Hal ini mengingatkan aku akan brand Innisfree

Aku suka banget dengan nuansa warna orange yang mewarnai desain BASE karena terkesan fun. Kemudian, setiap label kemasan pada produk BASE sudah tercetak namaku, lho! Benar-benar personalized banget.




Kemasan cleanser BASE dilengkapi dengan pump yang memiliki fitur "lock" untuk menghindari isi produk yang tumpah. Model kemasan seperti ini sangat praktis dan higenis.

Tekstur dan Aroma: Cleanser ini memiliki tekstur yang cukup unik, yakni emulsion yang agak runny berwarna putih susu. Terus, cleanser ini hampir tidak menghasilkan busa. Aroma cleanser ini seperti perpaduan lavender dan citrus yang cukup strong.

Cara Pakai: Tekan cairan cleanser sebanyak 2-3 kali dan pijat secara lembut dengan gerakan memutar untuk membersihkan kotoran, debu dan makeup. Gunakan setiap hari, pagi dan malam.

Rasanya di Kulit: Kalau aku pakai cleanser ini tanpa dibasahin berasa kayak pakai pelembab. Aku prefer pakai cleanser ini di kulit yang agak basah biar ga seret dan tetap dibilas lagi dengan air. Cleanser ini gentle di kulitku. Rasanya tuh licin pas dibilas air dan buatku agak lama sih untuk membilasnya. Habis dibilas kulit terasa bersih dan lembab. Aku tidak merasakan kulit kesat dan ketarik.

Lightly Dew Toner


Harga/ Price : IDR 159.000

Ukuran/ Size : 100 ml

BPOM : NA18191235219


Toner BASE berfungsi melembapkan dan membersihkan kulit.


Ingredients


Packaging


Dari segi kemasan produk, toner ini memiliki size dan bentuk yang sama dengan cleanser.

Tekstur dan Aroma: Tekstur toner ini cair berwarna cokelat keruh. Ada bubuk berwarna cokelat di dalamnya yang aku kurang tau dari bahan apa, tapi ga nempel di kulit sih. Aku agak kaget pas aroma toner ini tercium, aromanya seperti jamu. 

Cara Pakai: Gunakan dua kali sehari setelah menggunakan cleanser dengan menggunakan kapas. Usapkan secara perlahan di area wajah serta leher. Diamkan beberapa saat sehingga cairan toner menyerap sempurna di kulit. 

Rasanya di Kulit: Berasa dingin sih di kulit pas pakai toner ini. Enak aja kalau dipakai buat kompres jerawat. Terus, toner ini juga berasa langsung meresap di kulit. Toner ini melembabkan kulit dan ga ada rasa lengket yang ditinggalkan. Sisa kotoran di kulit juga terangkat oleh toner ini.

Ultra Clarity Balancing Lotion


Harga/ Price : IDR 189.000

Ukuran/ Size : 30 ml

BPOM : NA18190124979


Lotion dari BASE ini berfungsi membantu untuk melembapkan dan membuat kulit terlihat lebih sehat.


Ingredients


Packaging


Lotion ini memiliki size yang berbeda dengan kedua produk sebelumya. Namun, kemasannya masih terbuat dari bahan ceramic. Ukurannya cukup kecil dan mudah dibawa kemana-mana.



Tekstur dan Aroma: Lotion ini punya tekstur emulsi, tapi lebih kental dibanding tekstur cleanser. Aroma lotion ini juga seperti jamu.

Cara Pakai: Gunakan lotion di area wajah dan leher yang sudah dibersihkan setiap hari, pagi dan malam. Pijat lotion dengan gerakan ke atas atau memutar untuk penyerapan maksimum.

Rasanya di Kulit: Lotion ini terasa watery ketika dibaurkan di kulit. Terus, lotion ini meresap dengan sempurna. Untuk orang dengan kulit berminyak seperti aku sih merasa lotion ini sangat nyaman karena ringan. Kulit terasa lembab dan ga greasy.

Kesimpulan


Ketiga produk BASE ini aku gunakan secara rutin selama dua minggu. Aku benar-benar tidak menggunakan produk retinol dan untuk eksfoliasi aku menggunakan masker. Keseluruhan produk tersebut bisa mengontrol kadar minyak di wajahku dan kulitku tidak mengalami iritasi. Kulitku juga tetap terasa sehat dengan basic skincare ini. 


Aku cukup kaget kulitku beruntusan dan muncul calon jerawat di dagu pada hari ke-11. Mulai panik sih apakah salah satu dari ketiga produk ini tidak cocok dengan kulitku. Akhirnya, aku pakai toner dan serum dengan kandungan AHA BHA dicombine dengan rangkaian produk BASE selama pagi dan malam hari. Syukurnya, beruntusannya hilang dan tidak ada efek negatif yang timbul karena menggabungkan produk BASE dengan produk dari brand lain. Aku baru sadar aku sedang memasuki masa PMS, jadi hal yang terjadi cukup wajar karena perubahan hormon.


Bisa dibilang dari foto before-after ini tidak ada perubahan yang signifikan karena pada dasarnya rangkaian produk ini basic. Tapi, seperti yang aku jelaskan di awal, kulit wajahku tetap terasa sehat. Kemudian, setelah pemakaian satu minggu pertama, jerawat yang sebelumnya ada akhirnya kempes juga. Aku bisa bilang rangkaian produk BASE ini sangat membantu bagi anak remaja atau orang dewasa yang masih belajar skincare. Apalagi kandungannya natural dan aman untuk kulit sensitif. Worth to try banget!

Where to Buy?

Kalau kalian tertarik mencoba produk-produk BASE, kalian bisa mengunjungi website BASE dan melakukan skin test terlebih dahulu. Kalian bisa mendapatkan diskon 35% dengan menggunakan kode ABIGAIL35 dengan minimal pembelanjaan 100.000.

I am also at

You May Also Like

11 comments

  1. Sering denger tentang BASE ini, karena di bikin costumize sama kondisi kulit kita, menarik ih jadi makin penasaran

    ReplyDelete
  2. aku pake cleanser sama moisturizernya dan beneran emang cocok sih soalnya emang disesuaikan sama kondisi kulit masing masing

    ReplyDelete
  3. unik banget base ini, bener2 personal skincare, aku udah coba sih kak ke 3 produknya, cuman aku paling penasaran sama SSnya, dan yang ku suka dari si base ini packingnya loh bukan dari plastik kan y

    ReplyDelete
  4. Colorful banget ya packaging nya ,cocok buat remaja yang baru mau coba😍

    ReplyDelete
  5. Aku suka bgt konsep sma packaging nya base ini , paling penasaran sama lotion nya sih aku

    ReplyDelete
  6. Pas banget lagi cari-cari produk untuk mengatasi jerawatku. Eh, nemu kode diskon juga. Wihii, cuss ah!

    ReplyDelete
  7. Kemana aja aq baru tauada produk sebagus ini

    ReplyDelete
  8. Aku paling suka cleansernya Base, lembut banget dan gak berbusa, aman buat kulit sensitif.

    ReplyDelete
  9. dari sejak launch pengen cobain belum sempat nih, unik konsepnya custom gitu (carnellin)

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah cobain base sama sekali.. lucu sih yaa custom gt

    ReplyDelete
  11. akuu juga pake si base ini krn emg formulanya cocok bgt di kulitku. skrg lg incer sunscreennya nih

    ReplyDelete