[Review] ElshéSkin Active Rejuvenating Night Serum

by - January 04, 2021

Welcome back to my blog 

Terlebih dahulu, aku mau mengucapkan Selamat Tahun Baru 2021! Semoga tahun ini dapat lebih baik dari tahun sebelumnya ya. Memang, pandemi belum usai, namun kiranya di tahun ini ada perubahan yang signifikan. Aku juga berharap aku bisa konsisten dalam menulis blog di tahun ini hehe Kadang ada rasa malas, writer's blocks atau benar-benar disibukkan dengan hal lain. Aku sendiri di bulan Januari 2021 ini sedang mempersiapkan diri untuk sidang tesis.

Pada post pertamaku di tahun 2021 ini, aku mau mereview serum retinol pertamaku yang aku pakai kurang lebih selama 2,5 bulan terakhir, yakni ElshéSkin Active Rejuvenating Night Serum. Selama tahun 2020, aku melihat produk skin care lokal tidak kalah dengan produk skin care luar, kualitasnya oke-oke. ElshéSkin merupakan salah satu brand skin care berkualitas yang berdiri sejak tahun 2014. Berkat inovasi produk-produk perawatan kulitnya, produk-produk dari ElshéSkin kian digandrungi beauty enthusiast.

Aku membeli ElshéSkin Active Rejuvenating Night Serum karena teracuni oleh salah satu temanku. Kita berdua sedang membahas bekas jerawat yang bandel dan temanku bilang kalau mau cepat memudarkannya, ada baiknya pakai skin care dengan kandungan retinol. Saat itu, dia baru saja membeli ElshéSkin Active Rejuvenating Night Serum yang mengandung retinol. Ya, jadi belum ada bukti nyata dari dia sebenarnya. Kemudian, aku juga mencari review mengenai produk ini dan belum banyak saat itu. 

Aku sendiri memang sedang berjuang dengan bekas jerawat, baik PIH (kehitaman) maupun PIE (kemerahan). Kalau kalian baca blog aku dari awal, aku sempat mengalami break out di tahun 2018. Sejak saat itu, kulitku menjadi acne prone. Padahal biasanya jerawat yang ada tuh kalau lagi PMS aja dan bekasnya ga terlalu bandel. Aku kembali mengalami break out di awal tahun ini karena produk yang tidak cocok dan kulitku beruntusan. Akhirnya aku mencoba Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Starter dan mengalami purging di pipi yang meninggalkan bekas yang banyak dan sangat kasat mata.

BACA JUGA: [Review] Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Starter (Ampuh Atasi Jerawat?)

Apa itu Retinol?

Banyak local brand yang gencar mengeluarkan skin care dengan kandungan retinol. Retinol biasanya ditemukan dalam skin care anti aging. Pada dasarnya, retinol merupakan turunan dari vitamin A yang efektif bekerja untuk merangsang pergantian sel-sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Dengan retinol, warna kulit menjadi lebih rata, teksturnya lembut dan halusSelain itu, retinol juga merupakan anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas

Khusus retinol, dalam penggunaannya, kalian harus memberi perhatian ekstra. Sebenarnya, retinol ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Namun, terkadang penggunaan retinol yang tidak tepat dapat menyebabkan iritasi, seperti kulit merah dan mengelupas, sehingga tidak nyaman digunakan oleh pemilik kulit sensitif. Hal ini yang sempat membuat aku ragu untuk mencoba produk skin care dengan kandungan retinol.

Tips and Trik Penggunaan Retinol Bagi Pemula

Pertama, mulai pelan-pelan. Sebaiknya pakai produk retinol yang percentage-nya kecilKalian bisa mulai dari produk yang isinya bukan hanya single ingredient retinol sehingga lebih mild. Supaya kulit tidak kaget, pada awalnya, kalian cukup pakai produk retinol 2-3 kali dalam seminggu.

Kedua, pakai skin care yang bersifat menghidrasi dan melembabkan. Setelah membersihkan wajah, aplikasikan dulu skin care yang hydrating atau soothing untuk meredam kontak langsung dengan retinol. Kalian bisa mengawali dengan pakai hydrating toner. Lalu di-layer dengan moisturizer. 

Ketiga, hindari penggunaan retinol dengan kandungan aktif tertentu. Misalnya, kalian perlu menghindari penggunaan benzoyl peroxide dan retinol dalam waktu yang bersamaan karena kedua kandungan tersebut dapat meregenerasi kulit secara cepat. Benzoyl peroxide umumnya ditemukan dalam produk spot care. Kemudian, sebaiknya hindari skin care dengan kandungan AHA BHA. Sebenarnya, ini masih menjadi perdebatan sih di kalangan skin care junkies. Mayoritas menyatakan penggunaan skin care dengan kandungan retinol tidak boleh digabung dengan skin care dengan kandungan AHA BHA karena AHA BHA umumnya ditemukan dalam produk eksfoliasi. Aku pernah menonton salah satu video Beauty Journal yang menyatakan sebenarnya tidak masalah menggunakan retinol dan AHA BHA dalam waktu bersamaan. AHA BHA dan retinol bisa dibilang punya "area main" yang beda. AHA BHA bekerja di lapisan luar kulit untuk mengangkat tumpukan sel-sel kulit mati, sedangkan retinol bekerja di lapisan kulit yang lebih dalamYang perlu diwaspadai adalah jika kulit jadi mengelupas, merah-merah, atau jadi lebih sensitif dari biasanya. Bisa jadi karena kandungan AHA BHA dan retinolnya terlalu tinggi atau cara pakai yang salah.

Keempat, pastikan kalian hanya menggunakan satu jenis produk baru dalam satu periode. Jadi, kalau bulan ini kalian baru menggunakan produk dengan kandungan retinol, jangan dibarengin dengan produk skin care baru lainnya, apalagi dengan bahan aktif. Soalnya kalian jadi ga tau dengan pasti produk mana yang bekerja atau justru kasih efek negatif.

Kelima, pakai sun screen di pagi hari. Sebenarnya, sun screen itu wajib hukumnya, meskipun kalian tidak pakai skin care dengan kandungan retinolCara kerja retinol adalah dengan menstimulasi regenerasi kulit dan bisa membuat kulit jadi photosensitive atau sensitif terhadap sinar matahari. Makanya, produk skin care dengan kandungan retinol sangat dianjurkan digunakan di malam hari saja.

[Review] Elsheskin Active Rejuvenating Night Serum

Claim

Rejuvenate, boost radiance, reduce lines, wrinkles and age spot.

Ingredients

ElshéSkin Active Rejuvenating Night Serum mengandung 1% Encapsulated RetinolRetinol di dalam serum ini sudah dilindungi dalam bentuk kapsul mikro. Fungsi dari kapsul ini adalah untuk melindungi fungsi dan kandungan murni dari retinol tersebut. Karena berada di dalam kapsul mikro, retinol dalam serum ElshéSkin ini terlindung dari kondisi yang bisa mempengaruhi produk seperti: suhu panas, udara lembab, atau oksidasi. Kapsul ini juga membantu retinol untuk dilepaskan ke dalam lapisan kulit secara bertahap selama kita tidur.

Selain itu, serum ini mengandung Multi-Peptide Complex, yaitu kombinasi dari 3 jenis peptide yang mampu meningkatkan hyaluronic acid alami, sehingga kulit lebih kencang. Lalu, perpaduan kandungan aktif Niacinamide, Licorice Extract, Hyaluronic Acid dan Gluconolactone nya mampu membantu mengembalikan fungsi optimal skin barrier, meregenerasi kulit dengan lembut, serta memberikan hidrasi yang diperlukan. Kulit tampak lebih muda, lembap, cerah merata, dan bercahaya.

Harga/ Price : IDR 240.000
Ukuran/ Size : 20 ml
BPOM : NA18200104589

Packaging


ElshéSkin Active Rejuvenating Night Serum dilengkapi dengan kotak dus terbuat dari kertas tebal yang berisi keterangan lengkap mengenai produk yang didominasi warna merah sesuai dengan warna brand Elsheskin. Serum ini dikemas dalam botol berwarna cokelat gelap, dengan finish doff. To be honest, warna botolnya yang gelap menyulitkan aku untuk tau sisa serumnya. Botolnya kokoh sih karena sebelum aku mau foto produk ini, botolnya ga sengaja jatuh dan ga pecah wkwk Botol serum ini dilengkapi dengan tutup plus aplikator berwarna putih. 



Aplikator serum ini berupa pipet untuk mengeluarkan serum. Pipetnya oke, tidak macet atau tersendat ketika mengeluarkan isi serum. Tutupnya rapat, meminimalisir oksidasi pada produknya juga.

 

Texture and Scent


ElshéSkin Active Rejuvenating Night Serum ini berwarna putih keruh dengan tekstur yang tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair. Serum ini ketika dibaurkan ke kulit sangat watery, mudah meresap dan sama sekali tidak meninggalkan rasa lengket di kulit. Aku tidak mencium aroma apa pun dari serum ini dan ternyata serum ini memang tidak mengandung fragrance.

Results

Sebagai pemula, awalnya, aku menggunakan ElshéSkin Active Rejuvenating Night Serum dua hari sekali pada minggu pertama. Setelah itu, aku menggunakan serum ini setiap hari. Aku memakai serum ini tidak dibarengi dengan produk dengan kandungan AHA BHA. Jadi, rangkaian Some By Mi 30 Days Miracle aku pakai di pagi hari saja. Meskipun serum ini dilengkapi dengan kandungan aktif, terutama Hyaluronic Acid, tapi aku tetap menggunakan hydrating serum setelahnya karena aku takut kulitku berpotensi kering.


Setelah dua minggu aku menggunakan serum ini, aku mengalami purging. Timbul beberapa jerawat besar yang sakit di pipi. Baru dua minggu aku memakai serum ini, aku merasa tekstur wajahku lebih rata dan kulit wajahku lebih sehat. Aku baru menyadari bekas jerawatku lumayan memudar setelah satu bulan. Setelah itu, aku vakum memakai serum ini karena sedang menggunakan SNP Prep Cicaronic dari pertengahan November 2020 sampai awal Desember 2020. Aku melanjutkan serum ini sampai sekarang dan hasilnya sangat wow sih karena bekas jerawatku benar-benar lebih tersamarkan. Kalian bisa lihat pada foto-foto di bawah ini.



Tampak depan


Pipi Kanan


Pipi Kiri

Kalian bisa lihat dari foto-foto di atas, bekas jerawatku lebih tersamarkan dan kulitku juga tampak glowing. Temanku yang video call sama aku aja bilang kulit wajahku lebih bersih. Selama pemakaian ElshéSkin Active Rejuvenating Night Serum, kulitku tidak kering dan mengelupas. Aku sangat takjub dengan serum ini. Aku sempet sangsi karena kandungan retinol dalam serum ini hanya 1%. Untuk pemula seperti aku, aku rekomen banget ElshéSkin Active Rejuvenating Night Serum karena serum ini bukan single ingredient retinol, jadi lebih mild.

Where to Buy?

Aku membeli ElshéSkin Active Rejuvenating Night Serum di offical online store ElshéSkin di Shopee.

I am also at

You May Also Like

9 comments

  1. Abi mah terniaaattt kalau review!
    Bener banget ya, sebaiknya jangan dicampur dengan skincare lainnya.
    Saya nih mau review produk skin care, tapi nggak terlalu yakin dengan hasilnya, abisnya saya pakai gonta ganti sih hahaha.

    Mau pake 1 macam juga mikir, kalau lama abisnya trus expired kan sayang hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak Rey. paling ga satu satu dicoba kalo emang baru semua. mending dicombine dulu sama skin care yg biasa dipakai hehe

      Delete
  2. gilss sama hasilnyaaa! buat aku perubahan dari oktober ke januari kayak gitu udah bagus banget. soalnya aku tau rasanya jerawatan yang banyak, udah sembuhnya lama, bekasnya juga nyantol di muka lama banget, ada yang setahun tapi bekasnya masih keliatan.
    dan aku juga setuju, semenjak aku breakout sekarang wajahku jadi lebih sensitif dari sebelumnya :( dan jerawatnya jadi lebih bandel :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jauh banget hasilnya Farah :') bekas jerawat rata2 bandel sih huhu jerawatnya pun bandel :(

      Delete
  3. Selamat Tahun Baru 🎉🎉

    semoga blognya makin bersinar seperti adminnya yang bersinar dengan aneka macam kosmetik yang ditulis di sini

    ReplyDelete
  4. Wiiiiii, retinoooool 😍. Dia ini sempet hype tahun lalu ya, Bi 🤭. Dan salah satu produk dengan retinol ter-oke kabarnya juga punya elsheskin ini 😍.

    Ngomong-ngomong aku cocok juga pakai retinol, Bi, dan sempet pengen coba punya elsheskin juga karena banyak yang bilang retinol serumnya elsheskin sebagus itu. Tapi sayangnya aku punya keinginan lain, dan untuk mewujudkannya harus menghindari beberapa bahan skincare terlebih dahulu. Dan salah satu yang harus aku hindari ya si retinol ini.😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Roem ternyata dia sempet hype ya. sekarang ada alternatif retinol sih Roem, bakuchiol.

      Delete
  5. Wah serum ini sempat hype ya bi, tapi aku belum cobain sih, aku malah pakai yg radiant skin, packagingnya sama banget hahahah.

    Keliatan banget bedanya ya bi, bekas jerawat bener2 memudar dan jadi kinclong gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Meta, kayaknya semua serum elsheskin kemasannya sama semua ya hahaha

      Delete