[Review] Datglow Skin Serum Brightening

by - May 01, 2021

[Review] Datglow Skin Serum Brightening

Welcome back to my blog 

Kali ini, aku mau review serum lagi nih dari brand Lokal, yaitu Datglow Skin Serum Brightening. Serum ini tuh sempet nge-hits banget di awal tahun 2021. Hampir semua orang yang review serum ini menyatakan serum ini tuh bagus. Aku berkesempatan mencoba serum ini pada bulan Maret 2021 dan menggunakannya selama dua minggu.

BACA JUGA: [Review] Rivera Youth Expert Balancing Softener

Datglow Skin memiliki tagline "Dare to be Bare" mengajak para perempuan Indonesia untuk percaya dan mencintai proses dalam skin care untuk achieve healthy skin yang diinginkan. Produk-produk Datglow Skin terinspirasi dari kebutuhan kulit perempuan Indonesia yang sensitif ataupun berjerawat. Produk-produk Datglow Skin tidak menggunakan SLS SLES, Fragrance, Paraben, atau Bad Alcohol. Kemudian, produk-produk mereka minimal ingredients.

Claim

Brightening + Hydrating + Repairing

Ingredients

[Review] Datglow Skin Serum Brightening

Datglow Skin Serum Brightening memiliki kandungan premium, seperti Niacinamide, Gluthatione, Alpha Arbutin, Tranexamic Acid yang berperan mencerahkan kulit, memudarkan noda bekas jerawat serta flek dan meratakan warna kulit. Kemudian, terdapat Witch Hazel dan Allantoin yang fungsinya untuk menyamarkan pori-pori, mengencangkan kulit dan meredakan inflamasi atau peradangan akibat jerawat.

Menariknya, aku menemukan kandungan mineral oil dalam serum ini, meskipun berada di akhir ingredients. Seringkali, aku menemukan produk skin care yang mengklaim produknya bebas mineral oil. Terkesan mineral oil "buruk" bagi kulit. Setelah melakukan riset sedikit aku menemukan bahwa penggunaan mineral oil dalam kosmetik memang masih menjadi perdebatan. 

Mineral oil merupakan derivat atau turunan petroleum yaitu bahan bakar fosil atau yang biasa disebut dengan minyak bumi. Mineral oil dianggap berbahaya karena mengandung zat karsinogen yang bisa menyebabkan kulit kering, penuaan dini, dan meningkatkan risiko kanker. Mineral oil juga dianggap dapat menyebabkan kekurangan vitamin dan menimbulkan jerawat. Akan tetapi, mineral oil yang digunakan dalam kosmetik memiliki pemurnian yang sangat tinggi, sehingga sangat aman untuk digunakan. Bahkan, mineral oil yang digunakan dalam kosmetik secara global harus disertifikasi melalui United States Pharmacopeia (USP) atau British Pharmacopeia (BP).

Bagi orang yang memiliki jenis kulit berminyak dan rentan berjerawat, mineral oil gampang menyumbat pori-pori karena partikelnya yang besar. Hal ini sering sekali menyebabkan breakout. Sedangkan untuk mereka yang memiliki kulit kering, karena sifatnya yang melapisi kulit, kandungan mineral oil justru membantu mempertahankan kelembapan pada kulit.

Harga/ Price : IDR 110.670
Ukuran/ Size : 15 ml
BPOM : NA18201901145

Packaging

[Review] Datglow Skin Serum Brightening

Datglow Skin Serum Brightening dilengkapi dengan box yang didominasi warna putih dan lilac. Warna lilac cukup memanjakan mataku sih. Aku suka desain bagian depan box ini, dalam satu bagian sudah cukup informatif bagi pengguna. Di bagian belakang box berisi informasi mengenai fungsi dari key ingredients dalam bahasa Indonesia, kemudian ada cara pemakaian, pabrik yang memproduksi, nomor BPOM dan PAO. Informasi mengenai fungsi dari key ingredients dalam bahasa Inggris berada di samping kiri box. Sedangkan, ingredients yang lengkap dan peringatan berada pada samping kanan box.

[Review] Datglow Skin Serum Brightening

Datglow Skin Serum Brightening dikemas dalam botol kaca yang mungil dengan pipet sebagai aplikatornya. Desain label pada botol hampir sama dengan desain pada box luar, kecuali tulisannya yang berwarna ungu. To be honest, aku agak terganggu dengan penempatan label-nya yang terlihat mengkerut di atas. Terlihat tidak rapi menurutku. Tanggal kadaluwarsa bisa kalian temukan pada bagian bawah botol.

Texture and Scent

[Review] Datglow Skin Serum Brightening

Tekstur dari Datglow Skin Serum Brightening sedikit kental, namun runny dengan warna bening. Serum ini mudah diratakan ke seluruh wajah. Dua tetes sudah cukup. Sekitar satu menit, aku merasakan ada rasa lengket di kulit, mungkin karena alcohol free. Menurutku, aroma dari serum ini cukup mengganggu, yakni aroma acid yang kuat. Hal ini bisa dimaklumi karena fragrance free. Aroma ini akan hilang setelah diaplikasikan ke wajah.

How To Use


Gunakan dua kali sehari pada pagi dan malam. Bisa digunakan sebelum menggunakan make up.

Results

[Review] Datglow Skin Serum Brightening

[Review] Datglow Skin Serum Brightening

Aku sedang mengalami pms ketika menggunakan serum ini. Jadi, banyak jerawat merah di dagu dan satu jerawat di pipi kiri. Sebenarnya, secara keseluruhan, kulit wajahku udah lumayan sehat. Kulit wajahku udah termasuk cerah, tekstur halus, dan plump. Kekurangan dari kulit wajahku ialah bekas jerawat kemerahan (PIE) yang sudah samar.

Di hari ketiga penggunaan serum ini, beberapa jerawat kecil putih muncul di kulit wajahku. Aku mikirnya kulit aku sedang adaptasi karena kulit wajahku sering begitu kalau sedang menggunakan produk retinol. Keesokan harinya, jerawat tersebut hilang dengan bantuan spot care, tentunya. Sebagai catatan, memang ada beberapa ingredients yang asing di kulitku, termasuk mineral oil.

Seminggu pertama, jerawat-jerawat di dagu cepat sembuh. Terus, aku tuh bener-bener merasakan kalau kulit wajahku kayak kulit baby. Kalau soal mencerahkan, kayaknya tuh tone kulit aku memang udah segitu, jadi ga ada perubahan. Beberapa bekas jerawat di pipi terlihat memudar sedikit. 

Empat hari terakhir aku menggunakan serum ini, jerawat muncul di dagu dan dahi, padahal aku belum masuk masa PMS lagi. Aku masih berpikir mungkin karena ada ingredients yang asing di kulitku. Tapi, overall, serum ini performanya tetep oke. Pori-pori wajahku aja terlihat samar.


Where to Buy?

Produk Datglow Skin Serum Brightening ini bisa kalian beli di Shopee.

I am also at

You May Also Like

7 comments

  1. Aahh andalan aku dong ini sekarang. Cepat banget meresapnya dan ga lengket sama sekali

    ReplyDelete
  2. jadi ini gak cocok buat kulit yang oily ya kak, menarik banget pengen coba deh serum ini

    ReplyDelete
  3. Aku sudah pakai produk inj juga. Dan menurut aku, dgn kombinasi bersama produk lain dg klaim sejenis, bisa banget mempercepat proses pencerahan bekas jerawat yang merah-merah gitu. At least di kulit aku, dalam 2 minggu bekas jerawatku improve jd perlahan memudar.

    ReplyDelete
  4. Wah pasti bgus bgt yah buat kulit kusam

    ReplyDelete
  5. Aku belum cobain serum nya ini , bgus jg ya klo buat memudarkan bekas jerawat sma ngecilin pori pori

    ReplyDelete
  6. penasaran banget sama serum inii, berkali kali direview orang jadi pengen coba 🥺

    ReplyDelete
  7. Aku baru tau banget brand ini Bi, hihihi, tapi efeknya dikamu bagus kok, kelihatan bedanya Bi.

    ReplyDelete